Jumat, 25 Juli 2014

10 Tradisi Unik Saat Lebaran di Berbagai Negara

Tradisi Lebaran Unik
10 Tradisi Unik Saat Lebaran di Berbagai Negara ~ Lebaran atau hari raya Idul Fitri tahun ini tinggal menghitung hari. Ternyata ada tradisi unik menjelang atau saat lebaran di berbagai negara di dunia. Seperti tadisi mudik lebaran yang ada di indonesia.

Hari raya idul fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Setelah menahan hawa lapar dan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Akhirnya umat islam bisa merayakan kemenanganya dari saling bermaaf-maaf-pan agar kembali kefitrah.
1. Australia
Meskipun di negara kangguru tersebut umat muslim adalah minoritas. Namun saat hari raya lebaran di rayakan dengan sangat meriah. Perusahaan disana juga memberikan toleransi bagi karyawannya yang bergama islam dengan memberikan libur agar bisa merayakan salat id.

Australia memang negara sekuler yang memberikan kebebasan kepada masyarakatnya untuk mempraktekkan ajaran agamanya masing-masing. Hal ini terbukti dengan pemerintah australia memberikan jalanan bagi umat islam, agar bisa salat id berjamaah.

2. Arab Saudi
Di riyadh, Arab Saudi. Hari raya idul fitri sangat kental sekali dengan kesenian. Buktinya dengan mengadakan beberapa pagelaran seni, seperti lomba baca puisi, teater, parada, dan pertunjukan musik. Tidak mau kalah dengan opor ayam di indonesia, arab saudi juga memiliki makan khas hari raya lebaran yaitu daging domba yang dicampur nasi dan sayuran tradisional.

3. Cina
Tradisi unik saat  lebaran di cina adalah para kaum pria menggunakan jas khas dan peci warna putih. Sedangkan kaum wanita menggunakan baju hangat dan kerudung setengah tertutup. Mereke biasanya pergi ke makam leluhur mereka untuk membersihkan dan mempersembahkan doa bagi ratusan ribu muslim yang tewas saat dinasti Qing dan revolusi kebudayaan.

4. Turki
Festival Gula atau Seker Bayram merupakan nama untuk Idul Fitri bagi orang Turki. Kemungkinan sebutan ini muncul karena tradisi unik  mereka yaitu saling mengantarkan manisan pada Hari Raya Idul Fitri.  Anak-anak disana juga selalu bersalaman dan sembah sujud kepada kedua orang tua.

Kemudian orang tua membalasnya dengan ciuman manis dikedua pipi yang menandatakan kasih saya orang tua kepada anaknya. Setelah itu anak-anak disana mendapatkan hadiah berupa uang koin, permen atau manisan. Sangat menarik bukan...

5. Malaysia
Tradisi lebaran yang ada di negeri jiran tersebut ternyata tidak jauh berbeda dengan indonesia. Malah bisa dibilang sangat mirip, mulai dari makanan khasnya yaitu ketupat, lontong dan opor ayam. Di sana juga ada tradisi mudik, tapi tetap saja mudik disana tidak lebih heboh dan ramai dari mudik di indonesia.

6. Suriname
Negara ini bisa dikata memiliki kedekatan psikologis dengan Indonesia. Sebab, sebagian penduduk Suriname merupakan keturunan suku Jawa yang dikirim ke negeri itu sebagai kuli kontrak pada masa penjajahan Belanda. 

Tradisi Ied Mubarok (Lebaran) di negara ini bisa dibilang sangat unik karena penetapan hari Lebaran dilakukan berdasarkan penghitungan mereka sendiri. Mereka menggunakan prajangka atau penghitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang sejak ratusan tahun lalu.

7. India
Pemeluk agama islam di india bisanya akan berkumpul di masjid new delhi untul melaksanakan salat sunah Idul Fitri secara berjamaah. Masjid ini  merupakan pusat perayaan hari raya lebaran. Mereka juga menyiapkan hidangan khusus yang disebut dengan siwaiyaan, yakni campuran bihun manis dengan buah kering dan susu. Siwaiyaan hadir dalam beragam bentuk dan warna.

8. Afrika Selatan
Negara yang berada di benua afrika ini memiliki tradisi lebaran yang cukup unik. Orang-orang di sana akan berkumpul di Green Poin, Cape Town. Mereka akan menyaksikan haru terakhir bulan ramadhan bersama kpara kerabat sambil berbuka puasa bersama.

9. Fiji
Di negara kecil Fiji juga memiliki tradisi unik dalam merayakan hari raya lebaran. Di fiji hanya kaum pria saja yang hanya datang ke masjid untuk salat id. Selain itu makanan khas disana juga cukup unik. Yaitu samai mi manis yang dicampur dengan susu. Samai disajikan bersama samosas, sejenis kari ayam atau daging.

10. Amerika Serikat
Amerika Serikat. Seperti dikutip dari laman VOA, komunitas masyarakat muslim yang ada di negara ini menginformasikan datangnya hari raya Lebaran melalui sambungan telepon ataupun Internet (e-mail).

Uniknya, karena mayoritas muslim di sana merupakan kalangan imigran, maka pakaian yang dikenakan berwarna-warni sesuai dengan negara asalnya. Selesai salat, mereka saling mengucapkan Happy Eid atau Eid Mubarak antar-sesama jemaah salat Id, para kenalan dekat, dan kaum kerabat.